Notification

×

Iklan

Iklan

indonesia oleh WKCORPORATE SUBANG

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Apa yang Mungkin Terjadi Jika Tidak Ada Kode Etik untuk Profesi Tertentu?

Senin, 23 Juni 2025 | Juni 23, 2025 WIB | 0 Views Last Updated 2025-06-23T13:57:44Z

Jaringan Medkom Subang - Berikut ini adalah pembahasan kunci jawaban dari Latihan Pemahaman Modul 3 Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai (FPPN) Topik 3 yang membahas tentang Kode Etik Guru.

Salah satu pertanyaannya adalah: apa yang mungkin terjadi apabila tidak ada panduan untuk berperilaku bagi profesi tertentu?

Materi ini merupakan bagian dari program Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2025, khususnya untuk para guru yang tergabung dalam Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Latihan pemahaman pada topik ini mencakup sejumlah soal yang terbagi ke dalam beberapa submateri.

Untuk peserta yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan latihan tersebut, kunci jawaban yang tersedia di sini dapat dijadikan panduan atau acuan belajar.

Selengkapnya, berikut kunci jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 FPPN Topik 3: Kode Etik Guru, Apakah Perilaku Guru sebagai Pendidik Perlu Diatur? di Ruang GTK:

Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 FPPN Topik 3: Kode Etik Guru, Apakah Perilaku Guru sebagai Pendidik Perlu Diatur?

Materi Apa Perlunya Kode Etik Profesi Untukku?

2. Alasan lain perlunya kode etik profesi adalah untuk: mencegah konflik kepentingan yang dapat merusak reputasi profesi, memfasilitasi pengembangan berkelanjutan dengan mendorong peningkatan keterampilan dan pengetahuan, serta memudahkan proses pengawasan dan disiplin jika terjadi pelanggaran terhadap standar etika.

- Untuk menghindari penyalahgunaan wewenang dengan adanya pedoman etika, tindakan yang merugikan atau melanggar aturan dapat dicegah.

- Sebagai standar prosedur yang harus dilakukan oleh setiap individu dengan profesi tersebut.

- Untuk mempermudah pemerintah mengontrol pekerjaan yang dilakukan setiap orang di lembaga yang berbeda.

Kunci Jawaban: Untuk menghindari penyalahgunaan wewenang dengan adanya pedoman etika, tindakan yang merugikan atau melanggar aturan dapat dicegah.

Materi Apa Etika Dasar yang Harus Dijunjung Guru sebagai Pendidik?

1. Apa yang mungkin terjadi jika tidak ada pedoman perilaku untuk profesi tertentu?

- Setiap individu memiliki kebebasan untuk mengambil tindakan sesuai dengan prosedur standar yang telah ditetapkan.

- Setiap individu memiliki kewenangan untuk menetapkan imbalan yang didapat atas jasanya.

- Peluang terjadinya persaingan antar individu dalam profesinya yang sama untuk mendapatkan klien sebanyak-banyaknya.

- Peluang munculnya konflik baik antara rekan satu profesi maupun dengan pihak-pihak yang menggunakan jasa profesi tersebut.

Kunci Jawaban: Peluang munculnya konflik baik antara rekan satu profesi maupun dengan pihak-pihak yang menggunakan jasa profesi tersebut.

2. Apa tujuan sekolah yang berkaitan dengan nilai-nilai moral, sesuai dengan 8 tujuan sekolah yang dirumuskan oleh Dewan Konsultatif Pendidikan di Sekolah pada tahun 1977?

- Membantu anak-anak mengembangkan pemikiran yang hidup dan penuh rasa ingin tahu; memberi mereka kemampuan untuk bertanya dan berargumen secara rasional, dan menyikapi semua tugas yang diberikan

- Menanamkan rasa hormat terhadap nilai-nilai moral, terhadap orang lain dan terhadap diri sendiri, serta toleransi terhadap ras, agama, dan cara hidup lain

- Membantu anak-anak memahami dunia tempat kita tinggal, dan saling ketergantungan antar negara.

Kunci Jawaban: Menanamkan rasa hormat terhadap nilai-nilai moral, terhadap orang lain dan terhadap diri sendiri, serta toleransi terhadap ras, agama, dan cara hidup lain

3. Apa yang dimaksud dengan prinsip altruisme dalam kode etik guru?

- Menghormati hakikat ilmu dan batang tubuh pengetahuan; hal ini mencakup metodologi bagaimana pengetahuan diperoleh, proses penyelidikan, pembuktian, dan pengujian kebenaran

- Membedakan dan menghormati kepentingan orang yang diajar; hal ini berarti menempatkan kepentingan-kepentingan tersebut di atas kepentingan mereka sendiri

- Mengakui saling ketergantungan sosial; hal ini berarti menghindari dan mencegah eksploitasi terhadap satu individu atau kelompok

- Menghormati keluarga dan keadaan sosial orang yang diajar.

Kunci Jawaban: Membedakan dan menghormati kepentingan orang yang diajar; hal ini berarti menempatkan kepentingan-kepentingan tersebut di atas kepentingan mereka sendiri

Materi Apa yang Dapat Saya Lakukan sebagai Guru?

1. Apa tanggung jawab guru terkait ilmu pengetahuan sesuai kode etik guru?

- Menghormati keluarga dan keadaan sosial orang yang diajar.

- Menjalankan dan menerima tanggung jawab atas dampak yang mungkin bersifat jangka panjang.

- Menghormati dan bekerjasama dengan rekan kerja profesional, serta menerima tugas untuk bekerja sama demi kepentingan mereka yang diajar.

- Kesiapan untuk mengakui bahwa seseorang mungkin salah terkait dengan pengetahuan dan perilaku.

Kunci Jawaban: Menghormati dan bekerjasama dengan rekan kerja profesional, serta menerima tugas untuk bekerja sama demi kepentingan mereka yang diajar.

2. Apa yang dimaksud dengan prinsip integritas intelektual dalam kode etik guru?

- Menghormati dan bekerja sama dengan rekan kerja profesional, serta menerima tugas untuk bekerja sama demi kepentingan mereka yang diajar

- Menunjukkan kemandirian pikiran dan tindakan termasuk kesediaan untuk mengajarkan materi pelajaran atau menggunakan metode yang tidak populer

- Menghormati hakikat ilmu dan batang tubuh pengetahuan; hal ini mencakup metodologi bagaimana pengetahuan diperoleh, proses penyelidikan, pembuktian, dan pengujian kebenaran

Kunci Jawaban: Menghormati hakikat ilmu dan batang tubuh pengetahuan; hal ini mencakup metodologi bagaimana pengetahuan diperoleh, proses penyelidikan, pembuktian, dan pengujian kebenaran

Materi Mari Kita Junjung Kode Etik Guru

1. Kode Etik Guru yang tercantum dalam Pasal 7 huruf G Permendikbud Ristek nomor 67 tahun 2024 menyebutkan bahwa Guru memiliki tanggung jawab terhadap 6 unsur. Apa saja unsur yang menjadi tanggung jawab guru?

- Sekolah, peserta didik, rekan seprofesi, orang tua/wali peserta didik, masyarakat, dan peraturan perundang-undangan.

- Profesi, peserta didik, rekan seprofesi, orang tua/wali peserta didik, masyarakat, dan peraturan perundang-undangan.

- Sekolah, peserta didik, rekan seprofesi, orang tua/wali peserta didik, masyarakat, dan negara.

- Profesi, perguruan tinggi, rekan seprofesi, orang tua/wali peserta didik

Kunci Jawaban: Profesi, peserta didik, rekan seprofesi, orang tua/wali peserta didik, masyarakat, dan peraturan perundang-undangan .

2. Apa tanggung jawab guru terhadap profesi sesuai Permendikbudristek No. 67 Tahun 2024?

- Memberikan teladan dan mengembangkan sikap bangga dan cinta tanah air

- Melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab

- Menjaga sikap kebersamaan, menjalin hubungan profesional, kesetiakawanan, dan empati antar sesama rekan seprofesi

- Mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat, memiliki motivasi, serta menjaga harkat dan reputasi profesi

- Menegakkan prinsip keadilan, keberagaman, toleransi, fasilitatif

Kunci Jawaban: Mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat, memiliki motivasi, serta menjaga harkat dan martabat profesi

Materi Telaah Kasus Pelanggaran Kode Etik

1. Pak Dudung adalah guru Geografi favorit anak-anak. Beliau dapat menjelaskan materi dengan baik, bersedia memberi pelajaran tambahan bagi murid yang membutuhkan, dan dapat menjalin hubungan yang baik dengan orang tua. Orang tua yang puas dengan kinerja Pak Dudung seringkali memberikan bingkisan kepada beliau di akhir tahun pelajaran, pada saat kenaikan kelas. Salah satu orang tua tersentuh melihat kondisi motor Pak Dudung yang sudah tua, kemudian membelikan motor baru untuk beliau tanpa sepengetahuan Kepala Sekolah dan guru-guru yang lain.

Sebagai ungkapan rasa terima kasih, Pak Dudung memberikan sesi tambahan belajar kepada murid yang orang tuanya memberikan motor, serta membantu penyelesaian tugas-tugas sekolah murid tersebut.

Pelanggaran kode etik apa yang dilakukan oleh Pak Dudung pada kasus tersebut?

- Integritas intelektual

- Integritas Kejuruan

- Altruisme

-Imparsiglitas

Kunci Jawaban: Imparsiglitas

Materi Kode Etik dalam Kerangka Pendidikan Nilai

1. Apa tanggung jawab guru kepada rekan sesama guru sesuai Permendikbudristek no. 67 tahun 2024?

- Menjaga sikap kebersamaan, menjalin hubungan profesional, kesetiakawanan, dan antar sesama rekan seprofesi

- Mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat, memiliki motivasi, serta menjaga harkat dan reputasi profesi

- Menegakkan prinsip keadilan, keberagaman, toleransi, fasilitatif, dan akomodatif

- Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, aman, menyenangkan, bersikap objektif, terbuka, edukatif, dan saling menghargai

Kunci Jawaban: Menjaga sikap kebersamaan, menjalin hubungan profesional, kesetiakawasan, dan antar sesama rekan seprofesi

Materi Mari Lakukan Aksi Nyata

1. Apa yang tidak boleh dilakukan oleh guru berdasarkan Permendikbudristek no. 67 tahun 2024?

- Berpartisipasi dalam organisasi profesi untuk menyuarakan kepentingan guru

- Terlibat dalam politik praktis, politik transaksional, dan terkait dengan partai politik

- Melakukan pekerjaan sampingan diluar tugas mengajar untuk mendapatkan tambahan penghasilan

- Memberikan tambahan belajar di luar jam sekolah untuk siswa yang membutuhkan.

Kunci Jawaban: Terlibat dalam politik praktis, politik transaksional, dan beraffiliasi dengan partai politik

*) Disclaimer: Kunci jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai (FPPN) Topik 3: Kode Etik Guru, Apakah Perilaku Guru sebagai Pendidik Perlu Diatur? dalam artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru yang mengikuti PPG 2025 untuk mengerjakan di Ruang GTK.

( jaringan medkom subang/ Tribunnews.com / Telah disempurnakan dengan bantuan AI)

×
Berita Terbaru Update